Cara Menjadi Ultrakaya

0 komentar

Seorang partisipan mengacungkan tangan dan mengatakan, "Tetapi anda berkata bahwa kami mempunyai potensi untuk menjadi ultrakaya.

Kami bisa menjadi lebih kaya dibanding banyak bintang film, bintang rock, bintang atletik, bahkan direktur utama perusahaan di mana Robert bekerja sekarang."
"Betul," Robert berkata. "Jauh melebihi penghasilan bos anda."
"Itu sebabnya Robert tertarik," kata partisipan yang sama. "Bagaimana cara melakukan bisnis ini dan menjadi ultrakaya."
"Pertama-tama anda harus berpikir bahwa hal itu mungkin," Robert berkata.
"Tidakkah kebanyakan orang berpikir bahwa hal itu mungkin?" tanya partisipan lain.
"Robert rasa kebanyakan orang berpikir hal itu mungkin, tetapi tidak untuk mereka. Mereka berpikir bahwa orang lain dapat mengerjakannya tetapi bukan mereka. Anda lihat, jika anda tidak berpikir bahwa hal itu mungkin bagi anda, maka itu tidak mungkin. Robert menjawab dengan lembut. "Kebanyakan orang bermimpi bahwa suatu hari mereka akan menjadi jutawan, tetapi sangat sedikit orang yang mempunyai potensi berpenghasilan satu juta dollar per bulan atau lebih. Realitas itu bukan merupakan realitas mereka."
"Apakah itu merupakan realitas anda?" tanya seorang partisipan.
"Tentu saja," Robert menjawab.
"Dan bagaimana anda mencapai realitas itu?"
"Ayah kaya Robert yang meletakkannya di sana," kata Robert. Setelah berhenti sejenak, Robert kemudian bertanya, "Realitas apa tentang uang yang diletakkan orang tua anda di kepala anda?"
"Bukan satu juta dollar per bulan," kata seorang pria muda. "Ibu dan ayah Robert berpikir bahwa pekerjaan dengan gaji $100.000 per tahun berarti kaya."
"Kebanyakan orang berpikir seperti itu," kata Robert.
"Jadi bagaimana caranya kami mendapatkan realitas itu dalam kepala kami... realitas berpenghasilan satu juta dollar sebulan atau lebih?" tanya pria muda yang sama.
"Anda harus meletakkannya di sana," kata Robert. "Tidak ada orang lain yang dapat melakukannya untuk anda."
"Kenapa anda berkata begitu?" seorang wanita muda bertanya.
"Robert berkata demikian karena Robert dapat melihat dari mata anda. Robert dapat mengatakan bahwa kebanyakan dari anda tidak sungguh-sungguh menginginkan realitas itu karena itu di luar realitas
anda. Seperti sebagian besar dari anda, Robert berasal dari keluarga yang tidak kaya. Ibu dan ayah Robert sering mengucapkan kata-kata seperti, 'Robert tidak mampu.' Atau Apakah kamu pikir uang tumbuh
di pohon?' Atau 'Uang tidak membuat kamu bahagia.' Atau 'Orang-orang kaya tidak bahagia.' Dalam keluarga Robert realitasnya adalah realitas kekumngan uang. Agar Robert dapat keluar dari realitas keluarga
Robert, Robert harus mencari ide di luar realitas itu... dan itulah yang dilakukan ayah kaya Robert untuk Robert. Sebenarnya, hanya itu yang dilakukannya untuk Robert. Dia memberi Robert realitas itu dan mengajari Robert cara membuat realitas itu nyata."
"Apakah anda dapat memberikan realitas itu kepada kami?" pria lebih tua bertanya.
"Robert sudah memberi anda realitas itu," kata Robert. "Pertanyaannya adalah, sekarang apakah anda ingin menjadikannya sebagai realitas anda?"

Pria lebih tua tersenyum dan berkata, "Robert mengerti apa yang anda bicarakan. Anda berkata bahwa saat ini juga beberapa orang di antara kami sudah menolak gagasan itu dan beberapa orang di antara kami ingin menerima gagasan itu... gagasan untuk menjadi ultrakaya."
Robert mengangguk. "Kebanyakan orang menolaknya," Robert berkata.
"Sebagian besar orang menemukan alasan kenapa gagasan itu tidak realistis. Beberapa orang menyerang Robert, dengan mengatakan bahwa Robert memberikan pengharapan yang tidak nyata atau harapan palsu.

Tetapi Robert tidak pernah bisa memberikan pengharapan tidak nyata atau harapan palsu kepada siapa pun. Kalau anda perhatikan, Robert hanya berbagi pengharapan Robert dan harapan Robert. Terserah anda untuk menentukan apakah harapan itu nyata atau palsu bagi anda."
"Tetapi anda belum mencapai kategori ultrakaya?" tanya pria lebih tua. "Namun anda mengatakan bahwa anda akan mencapainya."
"Itu betul," kata Robert. "Saat ini Robert baru kaya. Cita-cita Robert adalah suatu hari menjadi ultrakaya. Intinya adalah, Robert tidak pernah berhenti bercita-cita, cita-cita yang Robert tentukan lebih dari 25 tahun
yang lalu, dan Robert melangkah ke arah itu setiap hari."
"Jadi bagaimana anda tahu anda dapat mencapainya?" tanya seorang pria muda.
"Robert tidak tahu apakah Robert dapat mencapainya... kenyataannya, Robert memerlukan waktu lebih lama karena Robert gagal dua kali dalam perjalanan... tetapi Robert masih berusaha mencapainya," kata Robert.
 "Yang Robert ketahui adalah bahwa orang lain telah berhasil mencapainya.

Orang-orang seperti Bill Gates dan Michael Dell. Dan mereka mencapainya dalam usia tiga puluhan... atau mungkin lebih muda."
"Anda mengatakan bahwa kami mempunyai potensi itu?" seorang wanita muda bertanya.
"Ya. Robert telah bertemu dengan banyak orang dalam pemasaran jaringan yang telah berhasil mencapai kategori ultrakaya. Robert mengetahuinya karena Robert telah melihat investasi yang mereka lakukan melalui bisnis mereka. Robert telah melihat gedung-gedung perkantoran raksasa yang mereka miliki, bukan sewa, pusat-pusat perbelanjaan, perusahaan-perusahaan di mana mereka menjadi pemegang saham utama; daerah permukiman yang luas; peternakan; dan masih banyak lagi. Mereka tidak akan pernah bisa membeli investasi-investasi itu sebagai seorang E atau S, tetapi mereka bisa dengan bisnis kuadran B mereka; bisnis tanpa keterbatasan penghasilan yang mampu membeli investasi orang kaya. Jadi anda berada di jalur yang tepat. Anda mempunyai potensi itu jika anda bekerja membangun bisnis anda, terus belajar, belajar tentang investasi di Jalur Cepat, dan terus meningkatkan diri secara luar dalam. Tetapi hanya anda yang dapat
melakukannya untuk diri sendiri... dan tidak ada jaminan.

"Jadi bagaimana cara mempelajari investasi di Jalur Cepat dari Permainan CASHFLOW anda?" tanya seorang wanita muda.
"Robert menulis tentang investasi-investasi itu dalam Rich Dad's Guide to Investing. Seperti Robert katakan, banyak E dan S membaca buku itu dan menjadi kecewa. Tetapi anda semua mempunyai kekuatan untuk berinvestasi dalam investasi orang kaya. Investasi yang menurut hukum mensyaratkan anda sebagai jutawan sebelum bisa berinvestasi."
"Apa saran yang harus kami lakukan?" tanya pria lebih tua. "Robert kehabisan waktu. Bagaimana kalau Robert tidak mempunyai cukup waktu? Apakah Robert masih bisa mencapainya?"
"Pertama-tama, berhentilah menggunakan usia sebagai alasan.

Ingatlah, Kolonel Sanders belum mendirikan Kentucky Fried Chicken hingga dia berumur 60-an akhir. Ayah kaya Robert selalu berkata, 'Pecundang menggunakan kondisi hidupnya sebagai alasan untuk gagal, dan pemenang menggunakan kondisi hidupnya sebagai alasan untuk sukses.' Sang Kolonel menggunakan usianya sebagai alasan untuk sukses, dan dia masuk dalam kategori ultrakaya pada usia di mana kebanyakan orang sudah pensiun."
"Setuju," pria lebih tua berkata. "Jadi apa saran anda?"
"Pertama-tama, Robert menyarankan anda semua membaca Rich Dad's Guide to Investing sehingga anda mengerti ide keseluruhan tentang dunia investasi. Kemudian kalau anda ingin menjadikan ultrakaya sebagai bagian dari realitas anda, Robert sarankan anda berkumpul dalam kelompok dan mempelajari satu bab pada setiap kesempatan, mulai dari Bab 20, yang merupakan bab tentang teka-teki 90/10.

Sediakanlah waktu. Mintalah orang-orang membaca bab itu sebelum menghadiri pertemuan, kemudian berkumpullah dan diskusikanlah setiap bab secara mendalam. Sediakanlah waktu. Anda akan merasa bahwa melalui metode belajar dan diskusi kelompok ini, anda akan memperluas pikiran anda melampaui realitas anda saat ini tentang investasi."
"Maksud anda sebagian besar dari kami hanya berpikir tentang investasi untuk golongan miskin dan menengah?" tanya pria lebih tua. "Jadi kami perlu mendidik diri sendiri dengan investasi untuk orang-orang kaya. Kami harus membuat investasi orang kaya sebagai bagian dari realitas kami."
"Persis," kata Robert. "Itulah yang diberikan ayah kaya Robert. Dia memberikan Robert realitas tentang dunia investasi yang hanya dimengerti oleh orang kaya. Setelah Robert mempunyai realitas itu, Robert
tahu jalur hidup Robert, yang masih harus Robert jalani."
"Jadi kebanyakan di antara kami hanya tahu tentang reksadana, saham, berinvestasi dalam transaksi real estat kecil karena itulah realitas kami tentang dunia investasi. Itukah yang anda katakan?"
"Itu persisnya yang Robert katakan," Robert merespons. "Kebanyakan orang berpikir tentang investasi dari kuadran E dan S. Mereka berpikir bahwa berinvestasi itu berisiko, dan mereka sangat berhatihati.

Mereka berinvestasi dalam investasi yang aman dan sudah dikemas, seperti membeli daging di toko bahan makanan. Orang kaya berinvestasi di peternakan yang kemudian dikemas menjadi investasi yang dibeli golongan miskin dan menengah. Merupakan realitas yang benar-benar berbeda."
"Jadi mulai dengan bab 20 dan mengembangkan realitas kami.

Kemudian berkumpul secara teratur dan mempelajari bab-bab setelah bab 20. Anda pikir latihan itu akan membuka pikiran kami sehingga lebih mengerti investasi untuk orang kaya... yang anda katakan tersedia
bagi kami."
Robert mengangguk. "Kalau anda mengerti betapa menyenangkannya dan betapa menariknya berinvestasi di Jalur Cepat, anda akan heran mengapa begitu banyak orang mencari investasi yang aman, sudah dikemas, dan kecil. Paling tidak Robert merasa heran," Robert menjawab.

"Tetapi Robert kira itulah yang terjadi bila anda hanya mengetahui investasi dalam realitas anda. Robert juga berpikir bahwa setelah anda mengerti betapa kuatnya investasi orang kaya, anda akan mempunyai keinginan untuk membangun bisnis kuadran B anda semakin cepat...
seperti yang Robert katakan, kegembiraan hidup adalah menginvestasikan uang dan memiliki uang yang bekerja keras untuk anda."

"Apakah ada langkah lain yang anda sarankan untuk Robert?" tanya pria lebih tua.
"Ya," Robert berkata. "Langkah 2 merupakan langkah yang sangat penting. Robert sarankan anda menggunakan semua orang muda ini dan orang yang tidak begitu muda di sekitar anda sebagai energi dan
dukungan yang mendorong anda ke depan. Setelah anda memiliki realitas baru, gunakanlah dukungan mereka untuk membuat realitas baru anda. Mintalah bantuan mereka. Mereka ingin membantu anda untuk berhasil. Tetapi mereka tidak dapat membantu anda kecuali anda ingin membantu diri sendiri dan kemudian mengizinkan mereka membantu anda."

Pria lebih tua duduk diam. Robert dapat mengerti bahwa meminta dukungan tidak nyaman baginya. Robert tahu karena kaum pria sering dilatih bahwa meminta dukungan merupakan tanda kelemahan. Robert tahu hal itu juga berlaku bagi kaum wanita. Menyadari bahwa dia merasa tidak nyaman untuk meminta dukungan, Robert memintanya berdiri dan melihat ke sekeliling ruangan.

Pria lebih tua ragu-ragu, dan kemudian mulai berdiri. Robert dapat mengatakan bahwa dia merasa tidak nyaman dengan permintaan Robert. Setelah berdiri tegak, dia perlahan-lahan mengangkat matanya dan memandang beberapa ratus orang di dalam ruangan. Semua orang melihat kembali kepadanya dan tersenyum. Mata mereka mengatakan bahwa mereka berada di sana untuknya.

Robert kemudian bertanya, "Berapa banyak di antara anda di sini yang bersedia mendukungnya?"
Tangan-tangan terangkat, tinggi ke udara, ingin dilihat. Pria lebih tua melihat ke sekeliling ruangan. Di sekelilingnya tangan-tangan terangkat ke udara, diiringi pandangan mata yang penuh dengan kasih Robertng dan dukungan. Tiba-tiba perasaannya mendidih dari dalam dirinya. Matanya mulai berkaca-kaca ketika dia melihat kembali pada lautan dukungan yang mengelilinginya. Dalam kesunyian, dia tetap memandang, bertemu dengan banyak orang mata dengan mata, jiwa dengan jiwa. Dia kemudian menganggukkan kepalanya, dan dengan tenang berkata, "Terima kasih." Sambil gemetar sedikit, dia duduk kembali dan ruangan secara spontan berubah menjadi tepuk tangan antusias yang keras.

Setelah tepuk tangan mereda, Robert mengambil buku Robert dan berkata, "Keunggulan bisnis ini adalah bahwa yang harus anda lakukan untuk sukses adalah membantu orang lain mendapatkan hal-hal yang sama dengan yang anda inginkan. Bisnis ini tidak diukur dengan seberapa banyak uang yang anda peroleh, tetapi berapa banyak orang yang anda bantu dan berapa banyak hidup yang anda ubah."

Robert mengucapkan terima kasih kepada mereka dan meninggalkan ruangan.

Sumber :

Buku : Rich Dad Poor Dad
Penulis : Robert T. Kiyosaki
Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| Success = Dream x Work x System - All Rights Reserved