Kekuatan Daya Ungkit

0 komentar

"Robert sudah mengatakannya sebelum ini dan Robert akan mengatakannya lagi. Dalam banyak hal, orang-orang di kuadran E dan S tidak mempunyai salah satu kata paling penting dalam bisnis... dan kata
itu adalah day a ungkit (leverage)."

"Apa yang anda maksud dengan daya ungkiti"
"Daya ungkit adalah salah satu kata yang memiliki banyak arti yang berbeda. Maksud Robert adalah bahwa anda mempunyai kekuatan untuk berpenghasilan semakin banyak dengan bekerja semakin sedikit.
Seseorang di kuadran E dan S, dalam banyak hal, harus bekerja semakin banyak kalau mereka ingin berpenghasilan lebih banyak.
Persoalannya adalah, orang-orang di kuadran E dan S sedang memasarkan komoditas terbatas, waktu mereka. Hanya ada sejumlah jam tertentu dalam satu hari... sehingga E dan S hanya dapat berpenghasilan
sejumlah itu dalam sehari."

"Kami mengatakan itu kepada orang, jadi apa dari yang anda katakan yang tidak kami katakan?" tanya pemuda tampan tadi. 
"Tiga orang di antara anda telah berusaha menarik Robert masuk bisnis anda," Robert menjawab. "Robert mempersilakan ketiga orang itu menceritakan mengapa Robert harus bergabung dengan bisnis anda dan anda melakukannya dengan sangat baik. Yang anda bicarakan kepada Robert adalah tentang membangun bisnis itu dan memperoleh banyak uang."
"Jadi apa yang salah dengan itu?" tanya pemuda itu. "Itulah yang kami lakukan. Itulah yang anda lakukan. Bukankah begitu?"
"Ya, Robert membangun bisnis... tetapi Robert sebenarnya tidak membangun bisnis demi uang. Bisnis adalah aset. Membangun bisnis adalah kerja keras, dan Robert tidak suka bekerja keras. Robert dilahirkan dan dibesarkan di Hawaii. Pada dasarnya Robert malas dan menyukai waktu luang. Robert lebih suka duduk-duduk di pantai atau berselancar.

Sesuatu yang tampak menyenangkan bagi Robert. Itu sebabnya Robert bekerja keras membangun bisnis. Robert tidak mau bekerja di kuadran E dan S... karena Robert malas."
"Robert tidak mengerti," pemuda itu berkata, sambil ingin tahu apakah Robert sedang mengatakan sesuatu yang tidak benar. "Anda malas, jadi anda bekerja keras untuk membangun bisnis. Itu tidak masuk akal."
"Masuk akal kalau anda menyadari bahwa Robert tidak benar-benar seorang pengusaha. Robert sesungguhnya adalah investor, dan Robert menikmati gaya hidup yang dimungkinkan oleh investasi Robert."
"Jadi setelah bisnis itu berdiri dan berjalan, anda bebas untuk berinvestasi di properti, saham, obligasi, dan bisnis lain," pemuda itu berkata dengan tenang. "Membangun bisnis memberi anda dua bahan utama yang dibutuhkan investor, waktu dan uang."

"Banyak waktu dan banyak uang," Robert berkata dengan tenang.
"Dan Robert tidak memboroskan waktu Robert berinvestasi di dupleks dan memperbaiki toilet, atau berupaya untuk membeli saham. Itu adalah investasi untuk kuadran S, yang bisa juga berarti small investor (investor kecil). Dan kebanyakan investor kecil berinvestasi untuk mencari uang. Mereka berinvestasi karena mereka kekurangan uang.
Robert berinvestasi dari kuadran B karena Robert kelebihan uang. Karena Robert kelebihan uang, pemerintah dengan berbagai cara memaksa Robert untuk menginvestasikan uang Robert atau habis untuk membayar pajak.
Orang-orang di kuadran E tidak mempunyai pilihan. Pemerintah memajaki penghasilan mereka sebelum mereka mendapat bayaran, memberi mereka sangat sedikit pilihan untuk berinvestasi. Karena Robert mempunyai banyak uang dan Robert mempunyai kesempatan untuk menginvestasikannya sebelum terkena pajak, Robert berinvestasi di properti besar, saham besar, dan bisnis lain. Robert membangun bisnis sehingga Robert bisa memiliki uang untuk diinvestasikan dalam investasi yang hanya orang-orang kaya berinvestasi... dan itulah cara anda menjadi ultrakaya."
"Anda hanya berinvestasi membangun bisnis kuadran B karena anda menginginkan uang untuk diinvestasikan. Itukah yang Robert dengar dari ucapan anda?"
"Bukan begitu. Di permukaan kelihatannya begitu, tetapi izinkan Robert menjelaskan sesuatu yang sedikit lebih rumit bagi anda." Robert kemudian menggambar diagram Cashflow Quadrant dan berkata, "Apakah anda masih ingat kisah tentang ayah kaya Robert, yang menjelaskan diagram ini kepada Robert ketika Robert masih kecil?"
Para partisipan mengangguk.
"Dan siapa yang ingat makna tahun 1943, 1986, dan 1215?"
"1215 adalah penandatanganan Magna Carta," seorang wanita muda menjawab secara sukarela. "Tahun itu orang-orang kaya mengurangi wewenang Raja John dari Inggris. Sejak saat itu, orang-orang kaya yang membuat peraturan."
"Bagus sekali," kata Robert. "Jadi kalau ada pilihan, Robert ingin berinvestasi dari sisi B karena pengusaha mempunyai aturan terbaik untuk berinvestasi, karena mereka yang membuat aturan. Lanjutkan."

"Amerika dibangun dengan menentang peraturan perpajakan, yang dimulai pada 1773, di Pesta Teh Boston. Amerika tumbuh dengan pesat karena merupakan bangsa yang bebas pajak. Pada 1943, undang-undang berubah dan semua karyawan di Amerika dipungut pajak dari gaji mereka. Dengan kata lain, pemerintah menerima bayaran sebelum mereka menerima bayaran."
"Anda belajar dengan baik," Robert mengomentari, sangat heran bahwa ada yang ingat pembicaraan Robert tentang sejarah perpajakan.
"Membayar pajak dikatakan sebagai tugas patriot karena Perang Dunia II sedang terjadi... tetapi pekerja di kuadran E-lah yang membayar sebagian besar pajak. Orang-orang di kuadran S dan B masih memiliki kendali seberapa banyak yang mereka bayar, dan kapan mereka membayar pajak."
Wanita muda tadi melanjutkan dengan berkata, "Pada 1986, undang-undang perpajakan berubah dan secara negatif berpengaruh terhadap orang-orang di kuadran S, terutama dokter, pengacara, insinyur, arsitek, akuntan, dan para profesional lainnya. Kelihatan bahwa lagi-lagi, orang kaya mengubah peraturan supaya menguntungkan kuadran mereka. Orang kaya memperoleh uang lebih banyak tetapi membayar pajak lebih sedikit hanya karena mereka beroperasi dari kuadran B," kata wanita muda itu.

Sumber :

Buku : Rich Dad Poor Dad
Penulis : Robert T. Kiyosaki
Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| Success = Dream x Work x System - All Rights Reserved