Cara Pindah Kuadran

0 komentar

Setelah membaca Rich Dad's CASHFLOW Quadrant dan mengerti apa yang diperlukan untuk pindah kuadran, banyak orang bertanya kepada Robert, "Bagaimana cara pindah kuadran? Anda membuatnya seolah-olah mudah, tetapi bagi kebanyakan orang, hal itu tidak mudah."

Jawaban Robert adalah, "Pindah dari sisi kiri Kuadran, sisi E dan S, ke sisi kanan Kuadran, sisi B dan I, mudah bagi beberapa orang. Robertngnya, hal itu tidak mudah bagi Robert. Kalau ayah kaya Robert tidak membimbing Robert, Robert mungkin tidak akan berhasil." Robert terus menjelaskan bahwa Robert dilahirkan dalam keluarga pendidik yang terpelajar. Dalam keluarga Robert, pendidikan yang baik dan pekerjaan atau profesi yang terjamin merupakan nilai utama yang sangat penting. Robert mengatakan ini karena perpindahan kuadran bisa berarti berpaling dari nilai utama keluarga... dan itulah sebabnya tidak mudah bagi beberapa orang untuk pindah kuadran, meskipun mereka ingin. Dari sudut pandang ayah dan ibu Robert, orang-orang kaya yang merupakan pengusaha dan investor sering dianggap rakus, jahat, tidak peduli, dan kadang-kadang tidak jujur.

Saat ayah dan ibu Robert mengetahui bahwa Robert ingin memasuki dunia bisnis bukan menjadi karyawan bergaji tinggi atau tenaga profesional, mereka kecewa terhadap Robert. Robert menentang nilai mereka. Bagaimanapun, ayah Robert adalah guru sekolah yang berdedikasi dan ibu Robert adalah seorang perawat. Mereka bahkan secara sukarela bergabung dengan Korps Perdamaian Presiden Kennedy selama beberapa tahun. Mereka adalah orang-orang yang sangat, sangat baik, dan Robert memperoleh banyak kesadaran sosial dan moral dari mereka. Itulah sebabnya, ketika mereka mengetahui bahwa Robert ingin memiliki tangga perusahaan bukan memanjat tangga perusahaan, mereka menjadi tidak senang. Mereka pikir Robert telah menjadi anggota sisi yang lain... dan sudah. Robert memutuskan untuk bekerja dari sisi B dan I dari Kuadran itu, bukannya kuadran E dan S. Robert masih memiliki kesadaran sosial dan moral yang mereka tanamkan dalam hati Robert, tetapi mereka tidak dapat melihatnya dengan cara itu.

Bagi ibu dan ayah Robert, pengusaha besar dan investor merupakan sisi gelap dari hidup. Dan itulah sebabnya pindah kuadran adalah lebih dari sekadar perubahan mental bagi Robert. Mereka berpikir Robert menolak apa yang mereka ajarkan pada waktu kecil... apa yang mereka pikir baik, bermanfaat, dan penting. Dan mereka pikir pendidikan yang baik, pekerjaan yang baik, dan rumah yang indah adalah sesuatu yang harus Robert inginkan di dunia. Ingin kaya, memiliki perusahaan, berinvestasi dalam bisnis di seluruh dunia, dan mempekerjakan orang yang bekerja untuk Robert adalah bergabung dengan kuasa gelap dari kehidupan. Ingin menjadi pengusaha internasional dan bepergian ke seluruh dunia untuk berinvestasi adalah hal-hal yang mereka ajarkan kepada Robert untuk tidak menjadi yang demikian.

Yang ada dalam pikiran mereka adalah gambaran tentang seseorang yang memanfaatkan orang-orang miskin dan kelas pekerja, dan telah kehilangan agama. Jadi bagi Robert, perpindahan itu terasa seperti Robert meninggalkan dan pergi sangat jauh dari keluarga Robert. Sehingga walaupun nilai-nilai itu tarnpak sederhana, akarnya masuk ke dalam seluruh keberadaan Robert. Bertahun-tahun kemudian, ayah Robert menyadari bahwa berpindah kuadran tidak berarti berubah dalam nilai-nilai sosial, moral, atau keagamaan... namun selama bertahun-tahun dia khawatir terhadap Robert. Ibu Robert telah meninggal jauh sebelum dia menyadari bahwa dia tidak kehilangan anak yang sudah dibesarkannya.

Itu karena nilai utama pribadi kita masuk ke dalam, sehingga ketika orang bertanya kepada Robert, "Bagaimana Robert pindah kuadran?" Robert sering menjawab, "Mengapa anda tidak bergabung dengan perusahaan pemasaran jaringan?" Alasan utama yang Robert sarankan agar paling tidak meneliti bisnis pemasaran jaringan adalah karena perpindahan dari satu sisi kuadran ke sisi lain bukan merupakan proses satu malam. Ayah kaya Robert menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membimbing Robert, mengajari Robert, kadang-kadang memarahi Robert, untuk menjadi seorang B dan I. Seperti Robert kemukakan dalam Nilai 
# 1: Nilai pendidikan bisnis yang mengubah hidup, pendidikan yang mengubah hidup sejati harus beri mpak terhadap anda secara mental, emosional, fisik, dan spiritual... dan bahwa perubahan itu mungkin memakan waktu dan memerlukan bimbingan. Beberapa perusahaan pemasaran jaringan menyediakan waktu dan bimbingan.

Sumber :
Buku : Rich Dad Poor Dad
Pengarang : Robert T Kiyosaki
Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| Success = Dream x Work x System - All Rights Reserved