Seperti yang mungkin telah anda deteksi, saya mendapati bahwa tidak semua perusahaan pemasaran jaringan sama. Sama halnya dengan apa pun juga dalam hidup, sebagian bagus dan sebagian tidak begitu bagus. Banyak perusahaan pemasaran jaringan baru gagal seperti bisnis biasa yang gagal. Namun alasan utama saya menyampaikan kata-kata peringatan ini adalah karena banyak perusahaan pemasaran jaringan yang menuntun anda masuk ke kuadran S, bukan kuadran B. Mereka melakukan itu jika mereka hanya memfokuskan pada pengembangan keahlian menjual anda dan bukan pada seluruh keahlian bisnis yang dibutuhkan untuk berhasil di kuadran B.
Cara anda akan mengetahui bahwa mereka menginginkan anda berada dalam kuadran S adalah mereka lebih memfokuskan pada pengetahuan produk, keahlian menjual, dan berapa banyak uang yang dapat anda peroleh. Perusahaan pemasaran jaringan kuadran B sejati akan memfokuskan pada pengembangan diri anda seutuhnya, bukan hanya sebagian diri anda yang dapat menjual dan menghasilkan uang untuk orang-orang di atas anda. Melakukan ini mungkin memerlukan sedikit lebih banyak waktu, dan banyak orang keluar sebelum mereka benar-benar berubah. Mereka keluar karena mereka hanya ingin mencari uang bukan berpindah kuadran.
Kalau anda hanya ingin mendapatkan beberapa dollar ekstra, maka jenis perusahaan pemasaran jaringan seperti itu mungkin adalah yang anda butuhkan. Tetapi bagi mereka yang ingin pindah total dari sisi kiri ke sisi kanan Kuadran, anda harus mencari perusahaan pemasaran jaringan dengan program pelatihan yang jauh melampaui sekadar uang, pengetahuan produk, dan kemampuan menjual.
Sumber :
Buku : Rich Dad Poor Dad
Penulis : Robert T. Kiyosaki