Apakah CASHFLOW Quadrant itu?

0 komentar

Buku kedua Robert dalam seri Rich Dad adalah Rich Dad's CASHFLOW Quadrant. Banyak orang mengatakan bahwa itulah buku Robert yang terpenting karena sangat membuka mata. Robert menulis buku
itu untuk siapa pun yang siap berubah dalam hidup... perubahan yang jauh lebih besar daripada sekadar berpindah-pindah kerja.
Cara mengetahui anda berada di kuadran mana ditentukan dari kuadran mana uang anda bersumber. Dengan kata lain, kalau anda menerima penghasilan dari sebuah pekerjaan dan anda menerima gaji tetap dari perusahaan atau bisnis yang bukan milik anda, maka uang anda mengalir keluar dari kuadran E. Seseorang bisa saja adalah penjaga gedung atau direktur utama perusahaan dan adalah karyawan. Orang-orang ini mungkin memikirkan dan mengucapkan kata-kata seperti, "Robert mencari pekerjaan yang aman dan terjamin dengan tunjangan-tunjangan." Atau kata-kata seperti, "Berapa yang kita peroleh untuk kerja lembur?" Atau "Berapa banyak cuti dibayar yang kita punyai?"

Diagram di bawah ini adalah Cashflow Quadrant ayah kaya Robert.

E singkatan dari "employee" (karyawan).
S singkatan dari "self-employed" (orang yang bekerja sendiri) atau "small business owner" (pengusaha kecil)
B singkatan dari "business owner" (pengusaha)
I singkatan dari "investor" (pemodal)

Kalau anda hidup dari komisi atau menerima uang dari pekerjaan yang dihitung per jamnya, maka anda mungkin berada dalam kuadran S. Kebanyakan wiraniaga yang mendapat komisi langsung, seperti agen real estat, adalah dari kuadran S. Orang-orang ini mungkin terdengar mengucapkan kata-kata seperti, "Komisi Robert biasanya 6% dari harga beli total." Kuadran S bisa juga termasuk para profesional seperti pengacara dan dokter. Orang-orang yang menetapkan bayaran berdasarkan jam, umumnya dari kuadran S. Mereka mungkin berkata, "Tarif Saya $50 per jam." Atau mereka mungkin berkata, "Honor Saya adalah $1.000 untuk pekerjaan itu." Kuadran S juga termasuk sebagian besar pengusaha kecil, seperti pemilik restoran, bisnis keluarga, konsultan, orang-orang yang menjual jasa seperti pembersih halaman dan rumah. Mereka sering kali adalah orang-orang yang kuat dan ulet yang senang mengerjakan segala sesuatunya sendiri.

Mereka sering memberi nasihat, "Jangan pernah bekerja untuk orang lain. Anda harus bekerja untuk diri sendiri." Atau, "Kalau anda ingin sesuatu dikerjakan dengan benar, kerjakanlah sendiri."
Kalau penghasilan anda berasal dari bisnis yang anda tidak perlu terlibat, maka anda berada di kuadran B. Kalau penghasilan anda berasal dari investasi, maka anda berada di kuadran I. Kalau penghasilan anda berasal dari rencana pensiun perusahaan atau pemerintah, maka kemungkinannya adalah penghasilan itu dari kuadran E.

Mungkin juga seseorang menerima penghasilan lebih dari satu kuadran. Sebagai contoh, istri Robert dan Robert menerima penghasilan dari keempat kuadran... namun sebagian besar penghasilan kami berasal
dari investasi... jadi kami mengatakan bahwa kami beroperasi dari kuadran I.
Secara umum, definisi itu sederhana dan jelas. Dua kuadran yang sering menimbulkan kebingungan adalah kuadran S dan B. Robert sering mendapat pertanyaan, "Apa bedanya antara orang yang bekerja sendiri atau pengusaha kecil dengan seorang B atau pengusaha besar? Perbedaannya mudah dijelaskan.
Jawaban Robert adalah, "Seorang B atau pengusaha besar dapat meninggalkan usahanya selama setahun atau lebih dan ketika kembali mendapati usahanya semakin lancar bahkan semakin menguntungkan.

Orang yang bekerja sendiri atau pengusaha kecil sering kali tidak bisa meninggalkan pekerjaan atau usahanya sama sekali. Dalam banyak hal, kalau orang yang bekerja sendiri atau pengusaha kecil berhenti
bekerja, penghasilannya juga terhenti."
Dan itulah perbedaan umum antara kuadran S dan B. Ketika orang berkata, "Saya akan keluar dari pekerjaan Saya dan menjalankan bisnis Saya sendiri," kebanyakan dari mereka pindah dari kuadran E
ke S, bukan dari kuadran E ke B. Salah satu sebab 9 dari 10 usaha kecil gagal adalah karena kuadran S merupakan kuadran kerja sangat keras. Banyak usaha kecil gagal karena kelelahan finansial atau kelelahan fisik... atau keduanya. Kuadran S adalah tempat di mana pengusaha kecil mendapat tekanan dari pelanggan, pemerintah, dan karyawan, kalau ada. Sulit melakukan banyak pekerjaan produktif bila ada banyak orang yang menuntut dari anda pada waktu yang bersamaan.
Kuadran S juga singkatan dari satisfaction (kepuasan)... karena di kuadran inilah banyak orang melakukan pekerjaan yang betul-betul mereka sukai. Kuadran S adalah tempat di mana orang yang ingin melakukan segala sesuatunya sendiri, sering kali bermigrasi. Kabar buruknya adalah bahwa itulah kuadran yang mempunyai orang-orang dengan bayaran terendah dari semua kuadran. Baru-baru ini Robert melihat sebuah artikel yang mengatakan bahwa banyak pengusaha kecil atau kontraktor independen di Amerika berpenghasilan kurang dari $25.000 per tahun. Seperti diungkapkan sebelumnya, kuadran S adalah kuadran di mana kebanyakan usaha gagal. Banyak usaha kecil bahkan tidak pernah mulai dengan baik.

Sumber :
Buku : Rich Dad Poor Dad
Pengarang : Robert T Kiyosaki
Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| Success = Dream x Work x System - All Rights Reserved