Ciputra - Kenapa Harus Tumbuh

0 komentar

Kali ini saya coba untuk posting beberapa materi yang ada di webiste Universitas Ciputra Online yang telah berjalan sejak awal tahun 2014 ini. Di Universitas Ciputra Online ini di berikan beberapa pelajaran menjadi seorang Pengusaha dari beberapa Nara sumber yang telah berhasil dan sukses membangun dan mengembangkan bisnisnya hingga ke tingkat international. Seperti pak ciputra, Dahlan iskan, Sandiago Uno dll.

Di bawah ini saya coba memberikan Materi yang di ulas oleh pak Ciputra mengenai Betapa pentingnya kita harus bertumbuh dan terus meningkatkan Perusahaan ke berbagai lini. Langsung saja saksikan video penjelasan dari pak Ciputra melalui link youtube di bawah ini. Atau jika tidak bisa mengakses videonya bisa silahkan baca skrip yang sudah di buat di bawah ini:



Baiklah. Saya sekali lagi bahagia ketemu dengan Anda semua. Karena setiap kali saya berbicara tentang entrepreneur, saya merasa punya semangat dan jiwa yang baru. Sebelum kita teruskan, janganlah lupa kita saling mengatakan Salam Entrepreneur. Khususnya hari ini kita berbicara Universitas Ciputra Entrepreneur Online, UCEO.

Hari topiknya adalah scale up. Pada waktu yang lalu bagaimana start up, memulai suatu perusahaan yang baru. Sekarang perusahaan sudah ada, tapi kita ingin tingkatkan. Nah, biasanya perusahaan itu ada dua macam. Dari pertama saya ingin memulai suatu perusahaan yang kecil, kemudian saya scale up menjadi perusahaan yang besar. Umumnya dilakukan oleh orang yang belum punya pengalaman dan tidak punya modal. Dimulai dari kecil terlebih dahulu. Kemudian perusahaan saya, karena saya kurang modal, selalu mulai pada yang kecil. Nah, yang kedua, dia punya modal, punya pengalaman, bikin persiapan sekaligus yang besar, dengan modal yang besar. Itulah dua macam tersebut atau ada macam-macam lain yang anda bisa terapkan. Khususnya pada hari ini, saya akan berbicara tentang yang pertama, strategi yang banyak terjadi di Indonesia. Anda dan saya kebanyakan tidak punya modal.
Marilah kita berbicara mengenai scale up yang mulai kecil kemudian menjadi besar. Scale up itu ada dua macam lagi. Ada saya memulai suatu perusahaan, sudah berjalan, saya delegasi kepada orang lain. Perusahaan ini membuka suatu bisnisnya yang baru. Jadi, dalam perusahaan itu scale up perusahaan menjadi besar, tetapi lebih dari satu macam usaha. Misalnya, kita mempunyai usaha property, nah untuk diversifikasi, dan juga untuk scale up, kita membuka perusahaan kelapa sawit. Atau di Ciputra Group membuka perusahaan IT. Komputer. Bisa dua macam. Perusahaan yang kecil tersebut biasanya perusahaan kecil, perusahaan menengah, perusahaan besar, tapi masih skala nasional. Dan itu kita lakukan di Ciputra Group. Sesudah itu kita menjadi perusahaan internasional, membuka cabang di Singapore, Vietnam, Kamboja, di Cina. Jadi, ada beberapa strategi yang bisa anda lakukan. Saya ingin memberi contoh.

Di Ciputra Group kita sudah melakukan pekerjaan yang cukup sukses dan dalam bidang property. Tetapi, property itu suatu bisnis yang sebagai gelombang. Seperti pelari marathon yang menempuh melalui lembah, melalui gunung. Ada naik turun. Ada jaman booming, ada jaman glooming, jadi, kita ingin diversification. Tadi itu perusahaan itu dalam bidang konstruksi jadi kalau timbul misalnya sesuatu booming, glooming, maka kita hanya terpaku pada satu jenis usaha saja. Dan kedua, bisnis itu hanya domestik, tidak internasional sehingga kita akan bisa terjebak seperti pada tahun 1998. Kita ingin bagaimana kita mau scale up Ciputra Grup. Tapi sebelum saya teruskan begini, saya ingin melakukan sesuatu biasanya kalau ada dua manfaat. Manfaat untuk keamanan daripada itu perusahaan secara diversification, tapi juga manfaat untuk bisnis menjadi lebih besar dan bisa yang ketiga untuk membentuk kader-kader yang baru.

Ada scale up kita mulai step by step. Misalnya satu project, tambah dua project. Project perumahan ditambah dengan project kantor, ditambah dengan mall, dan sebagainya. Jadi itu scale up. Tadi kami sudah sampaikan tentang scale up ke suatu bidang yang baru sama sekali. Itu tentu sangat sulit sekali.
Sekarang saya scale up yaitu dahulu kita hanya konsentrasi satu project Citra Garden yaitu Jakarta, kemudian kita ekspansi ke luar kota. Kemudian sudah ke luar kota beberapa kota kita lakukan, kita ke luar negeri. Ke Vietnam, ke Kamboja, ke RRC sekarang ini. Dulu pertama kali kita konsentrasi pada perumahan, township, tapi sekarang kita semua konsentrasi sampai township di komersil dan yang paling sulit dikomersil itu adalah superblok, di mana dalam satu bangunan, satu atap terdapat beberapa fungsi di sana daripada mall, kantor, hotel, kondominium, bahkan rumah sakit, dan sebagainya.

Jadi, inilah yang kita ingin lakukan. Nah, itu jenjangnya itu seperti naik tangga. Itu step by step. Sudah ini selesai mantap, sudah yakin walaupun belum selesai kita bisa beralih ke tangga berikut. Jangan sampai kalau sampai gagal, dan Anda sudah meloncat ke tempat yang lain, Anda tidak perlu selesai. Dan ada keyakinan betul bahwa ini misalnya kita membangun sebuah project, misalnya kita membangun dulu Mall Ciputra. Itu kita dari perumahan melangkah ke mall. Kita yakin mall ini akan sukses sekaligus kita bangun hotel dalam satu superblok. Jadi, inilah Anda harus bekerja dengan sistematis, punya rencana, dan sesudah Anda yakin, Anda meloncat. Tidak perlu Anda selesai.

Demikian juga kita ke luar negeri. Kita ke Vietnam. Belum selesai projectnya, kita sudah pindah ke Kamboja, belum selesai projectnya kita sidah pindah ke Cina, tapi harus bekerja yang penuh perhitungan dan keyakinan bahwa Anda, apa yang Anda lakukan yang lalu sudah bisa Anda delegasikan kepada orang lain dan membentuk tim yang baru. Dan itu yang kita lakukan. Saya harap Anda untuk scale up, ada yang tetap biasa membangun perumahan yang township seratus hektar, sekarang Anda membangun seribu hektar dan tetap perumahan. Nah, itu umumnya lebih mudah daripada dalam bidang property, dalam bidang perumahan, termasuk dalam bidang komersial. Umpama kata Ciputra World 1, itu terdapat lima jenis usaha dalam satu atap dan luasnya itu hampir kira-kira 600.000 meter2. Nah, inilah yang tidak mudah tapi Anda harus bekerja dengan perencanaan yang tepat dengan penuh keyakinan Anda bahwa Anda perhitungan yang tepat, Anda punya dasarnya tadi Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship. Saya yakin Anda bisa berhasil.

Baiklah, ini sambutan kami pada hari ini. Sekali lagi dengan penuh keyakinan dan penuh harapan dan doa supaya Anda berhasil menjadi entrepreneur sejati.

Terakhir, Salam Entrepreneur. Semoga Tuhan menyertai kita semua.

sumber http://www.ciputra-uceo.com
Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| Success = Dream x Work x System - All Rights Reserved