SEDYATMO (Penemu Sistem Fondasi "Cakar Ayam")

0 komentar

Jalan bebas hambatan dari Jakarta menuju bandara Soekarno-Hatta yang bernama Ir. Sedyatmo.
Siapa sebenarnya Sedyatmo?

Ia adalah salah satu insinyur bumiputera yang berprestasi fenomenal dalam bidang teknik. Ia menemukan sistem fondasi "cakar ayam" pada tahun 1962. Hasil temuannya itu menjadi solusi yang praktis bagi dunia teknik sipil, dan diterapkan ke dalam bidang yang luas.


Sistem temuan Sedyatmo itu awalnya digunakan dalam pembuatan apron Pelabuhan Udara Angkatan Laut Juanda, Surabaya, landasan bandara Polonia, Medan dan Soekarno-Hatta, Jakarta, khusus untuk landasan pacu (taxiway) dan apron. Hasil temuannya, yang telah dipatenkan untuk melindungi hak cipta intelektualnya, juga dipakai di luar negeri. Kanada, Amerika Serikat, Inggris, dan beberapa negara Barat lainnya telah menggunakan karyanya.

R.M. Sedyatmo dijuluki "Si Kandl" karena ia terkenal banyak akalnya. Laki-laki priyayi ini lahir di Karanganyar, Jawa Tengah, 1909. Selesai belajar di Technische Hogescholl (THS), Bandung, pada tahun
1934, Sedyatmo bekerja sebagai insinyur perencanaan di berbagai instansi pemerintah. Hobinya mengutak-atik sesuatu, telah mengantar "otak kancil" ini dalam karya-karya yang fenomenal. Atas jasa-jasanya, profesor yang meninggal dunia pada 1984 di usia 75 tahun memperoleh Bintang Mahaputra Kelas I dari pemeritah RI.


Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| Success = Dream x Work x System - All Rights Reserved