Apakah Pendidikan yang Mengubah Hidup Itu?

0 komentar

Berikut adalah diagram yang Robert buat untuk menjelaskan apa yang Robert maksud dengan pendidikan yang mengubah hidup. Perhatikanlah bahwa bentuknya adalah tetrahidron, yang berarti polihidron empat bidang, lebih terkenal sebagai piramida... dan piramida Mesir telah bertahan selama berabad-abad. Dengan kata lain, tetrahidron atau piramida adalah struktur yang sangat stabil. Para cendekiawan percaya selama berabad-abad bahwa hukum universal atau alam bekerja empat-empat, dalam hal ini empat sisi. Itulah sebabnya ada empat musim, yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur.

Bagi mereka yang belajar astrologi, ada empat lambang utama, yaitu tanah, angin, api, dan air. Bila Robert berbicara tentang pendidikan yang mengubah hidup, perubahan yang terjadi lagi-lagi ditemukan dalam angka empat. Dengan kata lain, agar pendidikan yang mengubah hidup dapat efektif, ia harus mempengaruhi keempat sudut Piramida Belajar.

Pendidikan tradisional terutama berfbkus pada pendidikan mental, la mengajarkan anda kecakapan membaca, menulis, dan berhitung semuanya adalah kecakapan yang sangat penting. Itu sering disebut sebagai kemampuan kognitif. Yang secara pribadi tidak Robert sukai tentang pendidikan tradisional adalah caranya mempengaruhi aspek emosional, fisik, dan spiritual dari pendidikan. Robert akan membicarakan setiap hal satu persatu.

1. Pendidikan Emosional: Salah satu keluhan Robert terhadap pendidikan tradisional adalah bahwa ia membuat orang terus-menerus merasa takut... secara lebih spesifik, takut melakukan kesalahan, yang mengarah kepada takut gagal. Bukannya memberi dorongan kepada Robert supaya belajar, guru menggunakan rasa takut gagal untuk memotivasi Robert, dengan mengatakan hal-haJ seperti, "Kalau kamu tidak mendapat nilai bagus, kamu tidak akan mendapat pekerjaan dengan gaji besar."

Juga, pada waktu Robert sekolah, Robert dihukum karena melakukan kesalahan. Di sekolah Robert secara emosional belajar untuk takut melakukan kesalahan. Masalahnya, dalam dunia nyata, orang-orang yang maju adalah orang yang melakukan kesalahan terbanyak dan belajar dari kesalahan itu.

Ayah miskin Robert, seorang guru sekolah, berpendapat bahwa melakukan kesalahan adalah dosa. Ayah kaya Robert, sebaliknya, berkata, "Melakukan kesalahan adalah cara kita belajar. Kita belajar
naik sepeda dengan jatuh dan naik lagi, jatuh dan naik lagi." Dia juga berkata, "Adalah dosa melakukan kesalahan dan tidak belajar darinya."
Untuk menjelaskan lebih lanjut, dia berkata, "Kenapa begitu banyak orang berbohong setelah melakukan kesalahan adalah karena mereka secara emosional takut mengakui bahwa mereka melakukan kesalahan... karena itu mereka menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar dan bertumbuh. Melakukan kesalahan, mengakuinya tanpa menimpakan kesalahanmu pada orang lain, atau mencari-cari alasan, atau berdalih, adalah cara kita belajar.

Melakukan kesalahan dan tidak mengakuinya, atau menyalahkan orang lain, adalah dosa."
Dalam dunia bisnis tradisional, sikap yang sama terhadap kesalahan biasa dilakukan. Dalam dunia bisnis, jika anda melakukan kesalahan, anda sering kali dipecat atau dihukum. Dalam dunia pemasaran jaringan, anda didorong untuk belajar dengan melakukan kesalahan, memperbaiki, dan menjadi lebih cerdas secara
mental maupun emosional. Ketika Robert sedang belajar menjual dalam dunia korporat, para wiraniaga yang tidak mencapai target dipecat. Dalam dunia pemasaran jaringan, fokus pemimpin adalah bekerja dengan orang-orang yang tidak begitu maju dan menyemangati mereka untuk menjadi lebih baik. Anda mungkin tidak akan belajar naik sepeda kalau anda dihukum ketika jatuh dan diberi nilai jelek dalam mengendarai sepeda.
Robert percaya bahwa Robert lebih sukses secara finansial daripada sebagian besar orang karena Robert gagal lebih banyak dibanding kebanyakan orang. Dengan kata lain, Robert lebih maju karena Robert
telah melakukan lebih banyak kesalahan dibanding orang yang belajar bahwa melakukan kesalahan itu jelek atau berarti bodoh.

Dalam pemasaran jaringan, anda didorong untuk melakukan kesalahan, memperbaiki, belajar, dan bertumbuh. Bagi Robert, itulah pendidikan yang mengubah hidup... pendidikan yang hampir
bertolak belakang dengan pendidikan tradisional.
Kalau anda takut melakukan kesalahan dan takut gagal, bisnis pemasaran jaringan sangat bagus untuk anda. Robert telah menyaksikan program pelatihan pemasaran jaringan yang membangun dan memulihkan rasa percaya diri seseorang... dan setelah anda memiliki kepercayaan diri yang lebih besar, hidup anda berubah
selamanya.

2. Pendidikan Fisik: Ringkasnya, orang yang takut melakukan kesalahan tidak belajar banyak, karena mereka tidak banyak melakukan. 

Kebanyakan orang tahu bahwa belajar sebenarnya adalah proses fisik maupun proses mental. Membaca dan menulis adalah proses fisik, seperti halnya belajar bermain tenis adalah proses fisik.
Kalau anda telah dikondisikan untuk mengetahui semua jawaban yang benar dan tidak melakukan kesalahan, besar kemungkinan proses pendidikan anda akan terhalang. Bagaimana anda bisa maju kalau anda tahu semua jawaban tetapi takut mencoba sesuatu?
Perusahaan-perusahaan pemasaran jaringan yang telah Robert pelajari semuanya mendorong pembelajaran fisik sebagaimana mereka mendorong pembelajaran mental. Mereka mendorong anda untuk pergi keluar dan menghadapi ketakutan anda dengan bertindak, melakukan kesalahan, belajar dari kesalahan, dan menjadi lebih kuat secara mental, secara emosional, dan secara fisik dari prosesnya.

Pendidikan tradisional mendorong anda untuk mempelajari fakta dan kemudian secara emosional mengajar anda untuk takut melakukan kesalahan, yang menghalangi anda secara fisik. Hidup dalam suasana takut tidak sehat, secara mental, emosional, fisik, atau finansial. Seperti telah Robert kemukakan sebelumnya, Robert
mempunyai lebih banyak uang bukan karena Robert lebih pandai secara akademis, tetapi karena Robert telah melakukan lebih banyak kesalahan, mengakui bahwa telah melakukan kesalahan, dan belajar
dari kesalahan-kesalahan itu. Robert kemudian terus melakukan lebih banyak kesalahan... dan Robert berharap akan melakukan lebih banyak kesalahan pada masa yang akan datang... sementara kebanyakan
orang berusaha keras untuk tidak lagi melakukan kesalahan dalam masa depan mereka... itulah sebabnya kami mempunyai masa depan yang berbeda. Anda tidak dapat memperbaiki masa depan anda kalau anda tidak bersedia melakukan sesuatu yang baru dan mengambil risiko untuk melakukan kesalahan serta
belajar darinya.

Perusahaan-perusahaan pemasaran jaringan terbaik mendorong orang-orangnya untuk mempelajari sesuatu yang baru secara mental, bertindak, melakukan kesalahan, belajar, memperbaiki, dan mengulangi prosesnya. Inilah pendidikan kehidupan nyata.
Kalau anda takut melakukan kesalahan, tetapi tahu bahwa anda perlu membuat perubahan dalam hidup anda, maka program pemasaran jaringan yang bagus bisa menjadi program pengembangan pribadi jangka panjang yang terbaik bagi anda. Perusahaan pemasaran jaringan yang bagus akan memegang tangan anda dan menuntun anda menuju kehidupan yang melampaui ketakutan dan kegagalan. Dan kalau anda tidak ingin tangan anda dipegang, mereka tidak akan memegangnya.

Pendidikan Spiritual: Pertama-tama, Robert merasa perlu untuk menjelaskan pandangan pribadi Robert tentang hal ini sebelum memasuki topik yang selalu panas dan emosional ini. Robert menggunakan kata spiritual versus religius karena alasan tertentu. Sebagaimana ada perusahaan pemasaran jaringan yang bagus dan perusahaan pemasaran jaringan yang jelek, menurut Robert ada organisasi keagamaan yang bagus dan organisasi keagamaan yang jelek. Secara lebih spesifik, Robert telah melihat organisasi keagamaan yang menguatkan orang secara spirirual, dan Robert relah melihar organisasi keagamaan lain yang melemahkan orang secara spirirual.

Jadi kerika Robert berbicara rentang pendidikan spirirual, bisa termasuk pendidikan agarna arau ridak. Kerika Robert berbicara tentang pendidikan agarna, Robert tidak berbicara tentang agama tertentu.
Kalau menyangkur soal agama, Robert mendukung Konstitusi Amerika Serikat, yang memberi kebebasan dalam memilih agama.
Alasan Robert berhari-hari dengan masalah ini adalah karena Robert pernah diberi tahu sewaktu kecil, "Jangan membicarakan agama, polirik, seks, dan uang." Dan Robert setuju dengan ucapan itu karena masalah ini mudah berubah dan sangat sensitif. Bukan maksud Robert unruk mengganggu perasaan pribadi atau kepercayaan anda tetapi untuk mendukung hak anda memilikinya.

Sumber :
Buku : Rich Dad Poor Dad
Pengarang : Robert T Kiyosaki
Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| Success = Dream x Work x System - All Rights Reserved