BAGAIMANA SUKSES KARIER DAN BISNIS

0 komentar

Biasanya, tujuan hidup yang dikejar banyak orang adalah sukses dalam bisnis. Apakah itu berupa mendapatkan promosi jenjang karier di level manajemen dengan imbalan gaji yang besar, ataukah hendak menjadi wirausaha. Apa pun pilihan anda, maka penguasaan pengetahuan dan keterampilan bisnis adalah mutlak penting.

Dalam merancang program aksi untuk mencapai tujuan tersebut, janganlah melupakan prinsipnya, yaitu memilah-milah tujuan besar menjadi tujuan-tujuan yang lebih kecil yang mudah diukur dan dirasakan pencapaian hasilnya. Bersedialah untuk merevisinya kapan saja diperlukan. Untuk mencapai posisi yang anda tuju, bisa saja anda pindah ke perusahaan lain, atau pindah ke departemen lain, jangan sungkan, lakukanlah.

Ciptakanlah dan pancarkanlah aura sukses diri anda. Pelajarilah jejak orang-orang yang sukses yang anda kenal dan tirulah perilaku atau kebiasaannya, termasuk caranya mendandani diri. Sekalipun anda belum mempunyai penghasilan tinggi, namun sebisanya bertindaklah seperti layaknya anda telah menjadi orang sukses, tanpa harus menjadi boros atau congkak. Kelolalah diri dan keuangan anda dengan bijaksana.

Kembangkanlah keahlian dalam bidang yang anda kerjakan, dengan cara terus belajar dan bereksperimen. Cari tahulah persyaratan apa dan kualitas orang seperti apa yang dibutuhkan oleh posisi yang sedang anda incar, dan bergegaslah untuk membekali diri anda dengan semua hal yang perlu. Jangan menunda-nunda waktu, agar begitu kesempatan itu terbuka, anda siap lompat memasukinya.

Manfaatkanlah kekuatan anda secara optimal dalam kehidupan sehari-hari, dan izinkanlah orang lain membantu mengembangkan atau mengubah kelemahan anda sebagai aset. Janganlah risih apalagi marah jika ada orang yang mengkritik kelemahan anda, melainkan ucapkanlah terima kasih, karena dengan demikian, satu lagi kelemahan diri yang bisa anda ubah menjadi kekuatan.

Berusahalah untuk mengenal dengan dekat orang orang yang berpengaruh di dalam perusahaan anda dan juga dalam industri anda, agar anda mengetahui kepada siapakah anda perlu bertanya, berbicara, belajar, atau berbagi gagasan, agar tujuan karier atau bisnis anda lebih mudah tercapai. Baca dan pelajarilah semua
jurnal perdagangan dan majalah bisnis yang relevan dengan pekerjaan dan perusahaan anda.

Sejalan dengan peningkatan aktivitas dan penyelesaian tugas, anda meningkatkan potensi diri anda untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Semakin sering anda berhasil, semakin besar kepercayaan diri anda untuk mencapai lebih banyak lagi. Dalam bergaul atau berinterrelasi dengan orang lain, anda tidak perlu membuat diri anda sama seperti orang lain. Tetaplah menjadi pribadi diri anda sendiri, yang unik dan berbeda, dengan tetap berusaha toleran dan adaptif terhadap perbedaan individu serta aspirasi lingkungan Sebagai kandidat sukses, anda harus belajar agar mampu membuat keputusan dengan cepat dan teguh, sekalipun hanya mempunyai infbrmasi yang minim. Semua pemimpin sukses bia menangani tanggung jawab seperti itu secara efektif dan efisien.

Itulah yang membuat anda berbeda dan yang akan memudahkan jalan anda menuju puncak sukses. Sebab jika anda tidak bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat jika hanya tersedia data yang minim, dan harus menunggu semua informasi tersedia lengkap atau sampai keadaan sempurna, maka siapa pun yang
mempunyai common-seme akan bisa menggantikan posisi anda untuk mengambil keputusan tersebut. Apakah hebatnya anda jika bisa memberi keputuan yang memakan waktu dan sumber daya begitu banyak, dan di mana pula peran intuisi dan kebijaksaaan seorang true-leader jika hanya bisa berfungsi pada keadaan yang sempurna?
Gabungkan intuisi, pengalaman, keterampilan, akal sehat dan keberanian anda untuk bisa memberi keputusan terbaik dan dengan cepat, jika keadaan mendesak.

Kembangkanlah persistensi dalam pencapaian tujuan hidup anda, namun tetaplah mengembangkan keterbukaan terhadap masukan baru, dan ketulusan untuk menerima kenyataan bagaimanapun pahitnya, untuk mengubah tujuan hidup jika diperlukan. Janganlah bersikeras memperjuangkan sesuatu hal yang belakangan anda ketahui ternyata mustahil terwujud hanya demi gengsi atau alasan persistensi. Itu kebodohan dan kesalahan besar, bukan keuletan atau ketabahan.

Dan jika anda mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan rekan kerja anda, cobalah untuk mengenal lebih dekat keadaan orang itu dari sudut pandangnya. Cobalah mengerti tentang latar belakang motif dan sasaran orang itu dengan bertindak seperti yang ditunjukkannya. Usahakanlah tertarik terhadap minat dan
pencapaian hasil kerjanya serta tujuan hidupnya. Dengan empati dan ketulusan anda terhadap pribadi rekan kerja yang mengendala itu, maka anda bisa mengubah oposisi menjadi persahabatan. Karena perasaan positif dan pengertian anda kepadanya bisa dirasakan oleh orang itu, dan sebagai konsekuensi logisnya, ia akan membalasnya juga dengan perasaan dan perilaku positif.

Pergunakanlah dan pertahankanlah integritas pribadi anda ketika menyusun dan melaksanakan tujuan hidup untuk kesuksesan anda. Janganlah ambisi anda untuk sukses sampai mengorbankan integritas serta nilai-nilai luhur yang ada dalam diri anda. Sebab jika anda tidak jujur, atau jika anda mencapai sukses dengan menghalalkan segala cara, maka anda akan menerima resistensi dan kendala, bukan hanya dari orang lain dan lingkungan hidup anda, melainkan juga dari hati nurani anda sendiri. Camkanlah bahwa apa yang anda tabur akan anda tuai, baik ataupun buruk.

Maka, dalam merancang dan mencapai sukses, pilihlah yang baik, yang positif, yang sesuai dengan hati nurani dan kebaikan universal, yakni memperjuangkan sukses besar dan mulia dengan integritas!
Satu hal lagi yang penting untuk sukses karier dan bisnis ialah diperlukan total commitment untuk mencapainya. Hampir semua eksekutif yang saya ketahui mempunyai jam kerja yang sangat panjang dan melelahkan setiap harinya, yang sering kali meminta cukup banyak pengorbanan. Bisa saja kehidupan pribadi dan rumah tangga menjadi terganggu kenyamanan dan keharmonisannya, demi karier.

Jadi, di samping kondisi fisik yang perlu anda persiapkan agar prima dalam menanggung beban pekerjaan yang berat sebagai eksekutif, yang tidak kalah pentingnya adalah mempersiapkan kondisi mental anda. Janganlah sampai terjadi bahwa anda tidak siap secara mental untuk menjadi orang sukses, yang diindikasikan dengan memburuknya sikap mental anda berupa stres, depresi, menjadi pemarah, angkuh, kecanduan narkotik atau alkohol sebagai pelarian atas beban mental yang anda alami. Jangan, karena itu bukanlah makna sukses yang ideal, karena cepat atau lambat akan menghancurkan diri anda dan membuat anda terpuruk, bahkan ke level yang jauh lebih rendah dari sebelum anda menggapai sukses.
Jadi, persiapkanlah diri anda lahir dan batin, fisik dan mental,skills dan maturity.
Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| Success = Dream x Work x System - All Rights Reserved