SUWANDI (Pencetus Ejaan Suwandi)

0 komentar

Bahasa rnerupakan salah satu identitas penting bangsa yang rnerdeka. Setelah 17 Agustus 1945, RI rnernang telah berdaulat. Bahasa Indonesia telah ditetapkan secara resmi sebagai bahasa negara, seperti yang terrnaktub dalarn UUD 1945.

Narnun sis tern ejaan Van Ophuysen rnasih berlaku. Sistem ejaan warisan pernerintahan kolonial Hindia Belanda tersebut dianggap perlu untuk diperbarui. Muncullah Suwandi rnernperkenalkan sistem ejaan baru pada tahun 1947.

Saat itu, Suwandi rnenjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Pengajaran. Sistem ejaan yang digagasnya itu kernudian dikenal dengan nama sistem Ejaan Suwandi, atau dikenal juga sebagai sistem Ejaan Republik Indonesia. Sistem ejaan ini berlaku selama 25 tahun sebelurn diganti oleh pernerintah Orde Baru dengan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) pada bulan Agustus 1972.

Suwandi, kelahiran 1899 ini dikenal sebagai sosok yang nasionalis. Lulus dari sekolah pangreh praja, ia meraih gelar sarjana hukum. Kemudian ia mengantungi ijazah notaris. Ia menjadi pribumi pertama yang berhasil meraih gelar tersebut. Dengan latar belakang bidang hukum yang digelutinya, ia langsung ditarik menjadi Menteri Kehakiman dalam Kabinet Sjahrir I dan II. Namanya diabadikan sebagai nama sistem ejaan ketika ia menjadi Menteri Pendidikan dan Pengajaran pada Kabinet Sjahrir 111.
Share this article :
 
TEMPLATE ASWAJA| Success = Dream x Work x System - All Rights Reserved