6 Cara Mengubah Hobi Menjadi Pendapatan

1komentar

Setiap Manusia yang lahir ke bumi ini memiliki keunikan tersendiri, Hal ini juga bisa di lihat dari perbedaan hobi yang dimiliki oleh setiap orang. Beberapa orang terkadang memiliki suatu hobi yang unik dan ada juga yang memiliki hobi yang harganya mahal, dalam artian untuk melakukan hobinya tersebut membutuhkan biaya yang begitu besar, dan mereka rela untuk menyisihkan sebagian besar pendapatannya untuk memenuhi hobi tersebut.

Akan tetapi tidak usah berkecil hati bagi anda yang memiliki hobi tapi tidak memiliki biaya untuk memenuhinya. Di zaman sekarang ini sudah banyak para pengusaha yang sukses mengubah hobinya menjadi peluang bisnis baru sehingga menghasilkan pundi uang ke kantong mereka. Berikut ini beberapa cara mengubah hobi menjadi pendapatan :

1. Permintaan 
 
Sebaiknya mulai saat ini anda sudah mulai mengidentifikasikan hobi anda. Setidaknya mulai melakukan survey kecil-kecilan mulai dari lingkungan sekitar anda untuk mengetahui apakah ada orang yang sekiranya membutuhkan jasa atau produk yang di hasilkan dari hobi anda tersebut. Misalnya anda hobi memancing cobalah untuk pergi ke beberapa pemancingan untuk melakukan survey bagaimana cara membuat kolam pemancingan.

2. Rencana Bisnis
 
Setelah anda melakukan survey terhadap permintaan masyarakat. Inilah saat nya anda sudah memulai untuk membuat rencana bisnis terhadap hobi anda tersebut. Sebuah rencana bisnis yang bagus dapat menjadi aspek yang sangat penting dalam mengubah hobi anda menjadi pendapatan. Tujuannya agar anda menjadi lebih fokus dalam menjalankan setiap tahapan dalam bisinis anda tersebut.

3. Pengajaran
 
Jika anda sudah begitu mahir dalam menjalankan sebuah hobi, inilah saat nya anda mulai untuk menularkan hobi anda tesebut ke orang lain. Selain anda dapat lebih dalam menjalankan hobi itu, anda juga dapat mengubah hobi tersebut menjadi pendapatan tambahan. Coba mulai menawarkan kelas-kelas khusus untuk di internet untuk membantu orang mempelajari hobi anda.

4. Kerja Lepas (Freelance)
 
Cobalah untuk membuat iklan di media online atau surat kabar untuk menawarkan hobi anda ke orang lain yang mungkin membutuhkan, misalnya anda dapat menawarkan pekerjaan lepas dari hobi menulis, menerjemahkan, desain web, fotografi, atau desain grafis.

5. Lelang Online

Saat ini sudah banyak website yang di buat sebagai tempat untuk melakukan lelang online. Coba lah untuk menawarkan produk atau jasa yang menjadi hobi anda di website lelang online tersebut, siapa tahu ada yang membutuhkan jasa atau produk dari hobi anda tersebut.

6. Blog dan Situs
 
 Cobalah untuk membuat blog atau situs yang mengulas tentang segala macam hobi anda. banyak penyedia blog gratisan maupun yang berbayar yang dapat anda manfaatkan unutk menjelaskan dan menawarkan hobi yang anda miliki agar semua orang yang ada di dunia ini dapat melihatnya dan tertarik terhadap barang atau jasa yang anda hasilkan dari hobi anda.

Inilah beberapa cara untuk mengubah hobi anda menjadi pendapatan tambahan untuk membantu perekonomian keluarga anda. Artikel ini saya sarikan dari sumber aslinya di kompas. Semoga bermanfaat

hobi, penghasilan tambahan, hobi jadi duit, Pendapatan dari hobi, penghasilan dari hobi
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

29 October 2017 at 21:15

Terimakasih informasinya kawan
Pusat penjualan produk oplosan essen dari Jaya Essence - http://oplosanessen.com

Post a Comment
 
TEMPLATE ASWAJA| Success = Dream x Work x System - All Rights Reserved