Positioning Diri Anda Sebagai Diri Anda; Menjadi Diri yang Positif

1komentar

Mengapa perlu memposisikan diri sendiri? Sebab jika anda tak melakukannya, maka orang lain akan melakukannya untuk anda. Dan anda tidak bisa menentukan bagaimana orang lain memposisikan diri anda.
Bagaimana mereka melakukannya? Mereka melakukannya sesuai persepsi mereka terhadap anda. Atau bagaimana citra anda di benak merekalah, mereka memposisikan anda. Ini hal yang sangat riskan terhadap anda. Sebab impian anda untuk menjadi pribadi tertentu, mungkin saja berbeda dengan anggapan mereka terhadap siapa anda.

Henry Wadsworth Longfellow mengatakan, "Kita menilai diri kita dengan mengukur dari apa yang kita rasa mampu kita kerjakan, orang lain menilai kita dengan mengukur dari apa yang telah kita lakukan."

Jika anda tak memposisikan diri anda saat ini sebagai pribadi impian anda, maka ada dua hal yang membuat anda tidak mungkin meraihnya:

  • Anda tak melakukan hal-hal yang semestinya dilakukan untuk meraihnya
  • Tak ada doa dari orang lain yang akan membantu anda.

Ada sebuah cabang ilmu sosiologi yang fokus pada apa yang disebut dengan “teory menandai” atau Labeling Theory. Teori ini berdasarkan pada pemahaman bahwa identitas seorang individu itu ditentukan oleh kata apa yang digunakan untuk menyebutkan atau mendeskripsikan dirinya. Berdasarkan teori ini, jika seorang anak setiap waktu diceritakan atau diberitahukan hal-hal yang buruk, maka pada akhirnya sang anak akan benar-benar menjadi buruk. Di sisi lain, jika seseorang selalu dipuji dan diberitahukan hal-hal yang baik akan memberikan dampak positif pada dirinya.

Teori ini menjelaskan betapa pentingnya menggunakan kata yang tepat untuk menggambarkan diri anda, pekerjaan anda, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan citra diri anda.

Hal ini juga berlaku berlaku bagi diri anda dan posisi diri anda saat ini. Jadi, mulai sekarang juga ambillah kendali atas posisi diri anda. Lakukan ini untuk diri anda. Jangan sampai orang lain melakukannya untuk anda. Gregory Bateson seorang pakar ilmu Bahasa dan Antropology Inggris, mengatakan bahwa persepsi orang lain terhadap diri kita, tak bisa di jangkau.

Inilah sebabnya, anda wajib bersikap proaktif terhadap diri anda sendiri. Posisikan diri anda saat ini juga sebagaimana:

  • Pribadi impian anda
  • Citra diri yang anda inginkan dari orang lain (apa yang anda ingin orang lain pikirkan tentang anda)


Memposisikan diri anda sebagaimana apa yang anda harapkan orang lain pikirkan tentang anda (reputasi anda) penting untuk membentuk identitas anda. Sebagaimana labeling theory diatas. Ingatlah bahwa ucapan adalah doa, dan Law of Attraction berlaku kepada semua orang. Semakin banyak orang yang berpikir anda seperti yang anda harapkan, semakin cepat impian anda terwujud.

Nah, sekarang pertanyaannya tinggallah reputasi seperti apa yang anda harapkan dari orang lain?
Jika anda ingin reputasi yang positif untuk mendukung impian anda, maka posisikan diri anda sebagai diri anda yang positif. Maka jadilah diri anda yang positif.

Posisikan diri anda sebagai pribadi impian anda dengan berpura-pura menjadi pribadi impian anda, dan lakukan hal-hal yang mencerminkan positivitas anda dan anda akan mendapatkan reputasi dan doa yang positif.

Jadi, apakah ini berarti anda hidup untuk citra? Jelas tidak! Sebab anda hidup untuk impian anda. Dan anda tahu bahwa untuk mewujudkan impian tersebut anda membutuhkan lebih banyak doa dari lebih banyak orang. Titik!
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

16 March 2017 at 10:43

Saya ambil yang haq sahaja,selain itu saya pulangkan kepada Tuan punya blog.
Terima kasih.

Post a Comment
 
TEMPLATE ASWAJA| Success = Dream x Work x System - All Rights Reserved